Senin, 10 September 2012

Olahraga? Harus!

Judulnya saja sudah menyebalkan! Haha...Iya, saya tahu, tapi tenang kawan, saya juga sependapat. Tapi, mau tidak mau saya harus akui kalau olahraga itu penting. Untuk saya sendiri, saya merasa amat sangat bugar kalau rutin olahraga. Tidak, tidak, jangan pikir yang sulit. Seperti yang saya bilang kemaren kawan, saya mau melakukan yang saya sanggup dulu, yang penting saya bersedia memulainya. Saya paham betapa sulitnya memulai olahraga, hari ini saja saya menendang pantat saya sendiri agar berdiri dan berolahraga....*gosok-gosok pantat sendiri
Sesuai program Livefit-nya Jamie Eason yang saya adopsi, maka olahraga pilihan saya adalah latihan beban (belum beban berat, masih beban ringan). Sebenarnya, latihan beban juga bukan hal baru bagi saya kawan. Saya sudah beberapa kali keluar masuk jadi member di klub fitness. Saya juga pernah ikut pilates. Tapi beginilah pola olahraga saya biasanya setelah setan-setan di kepala mengganggu saya; minggu pertama: rajin+menggebu-gebu, minggu kedua: rajin+masih menggebu, minggu ketiga: rajin+sedikit menggebu, minggu keempat: masih rajin+menggebu pergi entah kemana, minggu kelima: masih rajin+sudah tak ada jejak menggebu, minggu keenam: masih rajin, minggu ketujuh: masih rajin+butuh sedikit paksaan, minggu kedelapan: sedikit malas+butuh paksaan, minggu kesembilan: malas+perlu diseret ke klub, minggu kesepuluh: saya lupa jalan ke klub fitness. #pasang muka bego. Biasanya, untuk mengakhiri rutinitas olahraga, saya pake berjuta-juta alasan. Kerjaan saya menumpuklah, males jalannya karena rame lah, dan lain sebagainya, dan lain sebagainya. Ya, ya, saya memang menyebalkan..:(
Dengan segala pertimbangan itulah akhirnya saya putuskan untuk periode diet kali ini, saya olahraga dirumah saja. Modalnya adalah, taraaa....
Benar sekali kawan, saya cuma perlu matras dan dumbel untuk workout tadi pagi. Ndak berat-berat, dumbelnya masing-masing 3kg saja. Modalnya juga ndak mahal-mahal amat, dumbell kettler 2X3kg seharga Rp.100rb ditambah rebook yoga mat seharga Rp. 279rb. Jadilah total modal olahraga saya Rp. 379rb. Mendingan kan daripada join di klub yang kemudian bakal saya lupakan kalo lagi males keluar rumah. Karena hari ini adalah hari latihan chest dan triceps, maka jadwal latihan saya adalah:
Dan, horeee...semua saya lakukan. Membuat hati saya puas. Setidaknya tendangan pantat sendiri ala saya berhasil membuat saya bangun berolahraga. Soal latihan beban, hmmm... pasti kawan saya yang perempuan pada takut badannya gede berotot kan? Tenang saja girls, tubuh kita tidak didesain untuk dengan mudahnya berotot gede disana sini. Latihan beban tidak akan dengan mudahnya membuat kita menjadi hulk. Hormon testosteron kita yang cuma seujung kuku tidak akan membuat kita mudah berotot besar. Percaya deh, saya sudah coba beberapa periode latihan beban sebelum ini juga sudah tau susahnya menumbuhkan otot buat kita-kita yang perempuan. Selagi kita ndak pake-pake anabolic steroid, kita perempuan ndak bakalan 'membesar' karena latihan beban. Alih-alih takut, saya malah pingin punya badan keker berotot, badan fit dengan otot disana sini itu seksi menurut saya....#siap-siap nantangin kunyu panco
Soal latihan beban dan otot yang ditumbuhkannya, dalam diet kali ini saya pikir saya harus hilangkan lemak, tumbuhkan otot. Metabolisme saya yang buruk saya kira masih berasal dari kehilangan otot-otot dalam periode diet saya sebelumnya. Saya sadar sekarang. Saya tidak mau lagi kurus tinggal tulang, sakit-sakitan, dan kelihatan tua. Saya mau berbadan fit, ideal, dan sehat.
Soal diet hari ini, saya tidak merasa berat sama sekali. Padahal ada godaan didepan mata. Mertua saya datang bawa ayam goreng sebakul. Hmmm... baunya sedap sekali. Saya biarkan kunyu melahapnya dengan sukses. Saya memang makan lima kali hari ini. Tapi aman, saya masih kontrol agar yang masuk mulut saya tetap makanan sehat...Menu saya hari ini; pagi: omelet telur&udang (putih telurnya 2 kuningnya 1)+teh dengan pemanis tropicana classic, menjelang siang:  soyjoy strawberry, siang: tahu+tempe+dada ayam (direbus saja), sore: fitbar, malam: tahu+tempe+dada ayam (direbus lagi)+ teh dengan pemanis tropicana classic.
Jadi kesimpulannya, hari ini diet saya sesuai planning, kawan...Dan saya masih cinta olahraga. Horee...Mari berolahraga kawan...!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar